Selama ini mungkin pakaian anak tidak masuk dalam
kategori trend fashion namun seiring dengan bergantinya trend, bisnis pakaian
anak juga patut diperhitungkan keberadaannya. Fashion anak tak hanya mampu
menampilkan sesuatu yang menarik dan enak dilihat, namun juga harus terasa nyaman
untuk anak-anak tersebut.
Bahkan anak-anak yang masih kecilpun menginginkan
sesuatu yang trendy dan up to date bahkan seringkali mereka menginginkan apa
yang orang dewasa juga inginkan dalam trend berpakaian.
Untuk itu seorang perancang pakaian anak haruslah
memiliki jiwa yang mengerti anak-anak dan tentunya update terhadap trend yang
sedang digemari.
Ada dua cara untuk selalu up to date terhadap fashion
anak. Pertama adalah dengan mengasumsikan bahwa anak-anak ingin membuat
keputusan sendiri tentang apa yang ingin mereka pakai. Dalam hal ini mereka
menganggap fashion adalah sesuatu hal yang penting. Asumsi kedua adalah orang
dewasa yang membuat keputusan mengenai trend fashion anak dan mereka ingin
anak-anak mereka mengikuti trend yang mereka inginkan.
Pada kenyataannya walaupun kedua faktor tersebut
memainkan peranan penting dalam bisnis fashion namun biasanya orang tua lah
yang memegang kendali.
Ketika trend pakaian anak menyedot banyak perhatian,
anak laki-laki juga bisa sensitive mengenai trend pakaian mereka walaupun
mereka mengalami kesulitan mengakuinya secara langsung. Walaupun orang tua
biasanya tidak terlalu sering membelikan pakaian untuk anak lelaki mereka namun
mereka lebih banyak menghabiskan uang untuk pakaian anak lelaku.
Orang tua dan anak-anak sering mengalami kesulitan
saat berbelanja oleh karena itu mereka lebih memilih satu kali waktu belanja
dan membeli banyak pakaian daripada harus keluar masuk toko setiap weekend. Ini
berarti untuk anda yang berbisnis fashion untuk mulai menyediakan dan menjual
pakaian-pakaian yang sedang trend sebelum hari-hari besar misalnya seperti
lebaran atau natal.